Modal Usaha Dari Pemerintah

Bagi para pebisnis khususnya pelaku usaha kecil menengah, memperoleh modal usaha dari pemerintah merupakan sesuatu yang sangat diharapkan guna menunjang persiapan melaksanakan usaha yang akan dirintis.
Selaku penyelengara tata negara, pemerintah memiliki kewajiban agar turut mensejahterakan penduduk atau masyarakatnya.
Upaya yang paling tepat adalah dengan mendorong kewirausahaan di Indonesia dengan cara memberikan bantuan pembiayaan usaha.
Ada berbagai bentuk program bantuan modal usaha yang selama ini sudah berjalan, akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang bagaimana cara memperoleh modal usaha dari pemerintah tersebut.

Beberapa cara untuk memperoleh modal usaha dari pemerintah

Dari program yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah terbagi menjadi dua pilihan yaitu pemberian modal dalam bentuk kredit dan bantuan modal bukan kredit.

1. Yang termasuk bantuan modal kredit dari pemerintah

Program bantuan kredit ini dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan dorongan aktifitas wirausaha dengan bentuk pinjaman modal dengan suku bunga rendah.
Terutama ditujukan untuk para pengusaha kecil dan menengah (UKM) yang mana mereka masih banyak membutuhkan suntukan modal.
Langkah pemerintah ini berjalan dengan beberapa bank untuk membuat kerjasama melaksanakan program bantuan kredit usaha diantaranya adalah:
  • Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  • Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
  • PNPM Mandiri

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR bisa memberikan bantuan modal usaha secara kredit hinga maksimal 500juta.
KUR ini dapat diajukan oleh pemilik usaha kepada bank pemerintah seperti BRI sedangkan syarat untuk mendapatkannya yaitu harus memiliki usaha yang dengan prospek yang menjanjikan.
Bentuk dan jenis usaha yang dapat diberikan KUR adalah usaha produktif dan layak, tetapi belum terkait dengan agunan ataupun sebagai jaminan kepada bank.
Selanjutnya bisa anda simak di sini tentang bagaimana cara mengajukan KUR agar dapat disetujui.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)

Program ini merupakan perwujudan dari peraturan menteri Negara BUMN yang menyebutkan bahwa BUMN memiliki kewajiban untuk melakukan kemitraan dengan masyarakat dan juga bina lingkungan.
Sayangnya, program ini dialihkan ke PT.PNM. Hal ini disebabkan pihak BUMN belum bisa mengelola dan PKBL dengan baik.
Lalu bagaimana cara memperoleh modal usaha dari program PKBL ini?
Pada prinsipnya sama saat anda melakukan pengajuan kredit di perbankan. Lengkapi berkas usaha anda lalu ajukan.
Namun ada beberapa persyaratan administrasi tambahan yang diperlukan, yaitu surat pernyataan bahwa anda tidak sedang menerima pinjaman dari BUMN lain.

PNPM Mandiri

Program PNPM Mandiri juga memiliki layanan pemberian modal kepada usaha kecil menengah.
Pihak yang diberi modal adalah warga yang termasuk dalam wilayah PNPM Mandiri.
Warga yang diberi bantuan merupakan warga miskin di daerah tersebut. Adapun penetapan tentang cara memperoleh modal usaha dari program ini diserahkan pada musyawarah warga sendiri.

2. Bantuan modal usaha bukan kredit

Program bantuan bukan kredit ini sebuah bentuk dukungan dari pemerintah bagi pelaku usaha kecil menengah dengan cara memberikan materi ataupun sarana penunjang menjalankan usaha di antaranya adalah:

Program bantuan peralatan usaha dari pemerintah

Model ini adalah cara memperoleh modal usaha tanpa berbentuk uang, namun berupa barang.
Beberapa dinas pemerintahan yang memang berhubungan dengan kewirausaahn juga mempunyai program untuk mendorong wirausaha di Indonesia.
Bantuan modal tidak hanya berupa uang, tetapi berupa barang seperti mesin-mesin.
Salah satu dinas yang memberikan bantuan modal adalah Disperindag. Bantuan yang diberikan berupa mesin, tenda untuk kaki lima, kulkas, dan peralatan lainnya dan khusus bantuan tersebut diberikan kepada wirausaha baru.
Dari ragam bentuk bantuan modal usaha dari pemerintah di atas tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tengah merencanakan sebuah gagasan membuka usaha kecil, usaha rumahan, maupun jenis usaha sampingan yang potensial dapat memberikan penghasilan dan keuntungan.

11 Responses to "Modal Usaha Dari Pemerintah"

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan PAK H.JOYO RATMO, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi PAK H.JOYO RATMO
    kata Pak.H.JOYO RATMO pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi PAK H.Di Tlp 0852-4247-4478
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi PAK H.JOYO RATMO akan di bantu Oleh Beliau ANDAH KURAN PERCAYA ATAU KLIK http://duniagaibnyata.logdown.com/posts/1901108-dana-gaib-di-dunia-nyata

    ReplyDelete
  3. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui Perusahaan email Alamat di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimum (3.000 $ / €) untuk maksimal (300,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap UANG bekas lainnya.

    Hubungi: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    ReplyDelete

  4. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Saya direktur Clara Banny Pinjaman Limited,
    layanan pinjaman Clara Banny adalah lisensi kredit investasi hukum, kami menawarkan
    pinjaman kepada orang Individu dan bisnis serta menyediakan
    layanan yang handal dan investasi untuk berbagai pelanggan / calon tingkat
    dengan tingkat bunga yang terjangkau dari 3%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / €) untuk jumlah pinjaman maksimum (300,000.000 $ / €) dengan
    durasi 1 tahun sampai 35 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk memberikan individu dan perusahaan dengan
    bahwa lembaga kerjasama membutuhkan layanan keuangan membantu mereka
    memenuhi kebutuhan mereka, harapan dan membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami
    dan komunitas mereka. Butuh Pinjaman mendesak ?? disetujui sekitar
    48 jam layanan lengkap kepada pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk melanjutkan
    waktu dekat, kami siap melayani Anda.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:..........................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................


    salam benar-benar istimewa.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    ReplyDelete
  5. DAVID DORIS | Halo, Apakah Anda mencari Keuangan / Pemberi Pinjaman yang sah dan terpercaya? Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan yang mendesak? Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk memperbaiki bisnis Anda? Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2% kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. Kami memberikan pinjaman dari jumlah apapun ke tujuan manapun jadi hubungi kami hari ini untuk mendapatkan pinjaman instan hari ini. Kirimkan kami email ke: (daviddorisfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  6. nilah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, menjadikan tahun Anda sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman christian morgan dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Pinjaman Bunga:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar dulu;
    16) tanggal lahir;

    Terima kasih,
    Ibu Christian

    ReplyDelete
  7. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  8. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Saya direktur Clara Banny Pinjaman Limited,
    layanan pinjaman Clara Banny adalah lisensi kredit investasi hukum, kami menawarkan
    pinjaman kepada orang Individu dan bisnis serta menyediakan
    layanan yang handal dan investasi untuk berbagai pelanggan / calon tingkat
    dengan tingkat bunga yang terjangkau dari 3%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / €) untuk jumlah pinjaman maksimum (300,000.000 $ / €) dengan
    durasi 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk memberikan individu dan perusahaan dengan
    bahwa lembaga kerjasama membutuhkan layanan keuangan membantu mereka
    memenuhi kebutuhan mereka, harapan dan membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami
    dan komunitas mereka. Butuh Pinjaman mendesak ?? disetujui sekitar
    48 jam layanan lengkap kepada pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk melanjutkan
    waktu dekat, kami siap melayani Anda.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................


    salam benar-benar istimewa.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    ReplyDelete
  9. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Saya direktur Clara Banny Pinjaman Limited,
    layanan pinjaman Clara Banny adalah lisensi kredit investasi hukum, kami menawarkan
    pinjaman kepada orang Individu dan bisnis serta menyediakan
    layanan yang handal dan investasi untuk berbagai pelanggan / calon tingkat
    dengan tingkat bunga yang terjangkau dari 3%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / €) untuk jumlah pinjaman maksimum (300,000.000 $ / €) dengan
    durasi 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk memberikan individu dan perusahaan dengan
    bahwa lembaga kerjasama membutuhkan layanan keuangan membantu mereka
    memenuhi kebutuhan mereka, harapan dan membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami
    dan komunitas mereka. Butuh Pinjaman mendesak ?? disetujui sekitar
    48 jam layanan lengkap kepada pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk melanjutkan
    waktu dekat, kami siap melayani Anda.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................


    salam benar-benar istimewa.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    ReplyDelete
  10. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui Perusahaan email Alamat di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimum (3.000 $ / €) untuk maksimal (300,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap UANG bekas lainnya.

    Hubungi: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    ReplyDelete
  11. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN? JIKA YA Email: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com: UNTUK KREDIT ANDA HARI INI, KITA DI LAYANAN ANDA.
    Layanan ini adalah untuk memberikan dukungan keuangan kepada individu,pengusaha dan perempuan dalam bisnis. Jika Anda tertarik, silahkan hubungi kami sekarang melalui email: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com : Kami siap melayani Anda.

    Hubungi: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    ReplyDelete